Langsung ke konten utama

Apa itu Kopi Hijau?

Kopi hijau itu adalah kopi mentah yang tidak dipanggang. Sementara, kopi yang kita minum sehari-hari (kopi hitam), adalah kopi yang sudah dipanggang dengan suhu panas tinggi. Jadi kopi hijaubukanlah sebuah jenis kopi baru. Akan tetapi sama seperti kopi yang biasa kita minum. Namun perbedanya adalah kopi ini tidak dipanggang sehingga menjadi warna nya tetap hijau.

Khasiat Dan Manfaat Kopi Hijau

Lalu kalau memang sama, apa bedanya dan apa khasiatnya? Kok bisa untuk nurunin berat badan? Mungkin pertanyaan ini yang sedang kamu pikirin ya. Oke, mari kita bahas.
​Di Amerika, dilakukan sebuah penelitian oleh Dr. OZ. Kalau sering nonton tv, pastinya tau ya acara Dr. Oz Indonesia di Trans TV.
Nah, pembawa acara aslinya, DR. OZ di Amerika menemukan, kalau didalam biji kopi mentah ada zat bernama Asam Klorogenat. Bahan ini ternyata adalah anti oksidan, yang dapat membakar lemak dalam tubuh. Tidak hanya itu, bahan ini juga bisa mencegah gula berlebih di dalam tubuh, supaya tidak menjadi lemak baru.

 “Kopi Hijau Sangat Ajaib Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Bekerja Untuk Semua Bentuk Tubuh.” (Dr. Mehmet Oz, 2012)
Setiap biji kopi mengandung setidaknya 7% Asam Klorogenat. Fungsi Asam Klorogenat ini dapat menghambat penyerapan gula dalam tubuh sehingga menjadi lemak. Zat Asam Klorogenat dapat memblokir gula untuk masuk ke aliran darah yang nantinya akan dirubah menjadi lemak.

Apakah Kopi Hitam Punya Khasiat Yang Sama?

Proses pembuatan kopi hitam, pada umumnya dipanggang dengan panas tinggi. Ketika proses dipanggang dengan suhu tinggi itu, maka Asam Klorogenat di dalamnya akan berkurang bahkan hilang sama sekali. Sehingga biji kopi yang umum dikonsumsi, sudah kehilangan bahan ajaib ini sejak proses dipanggang.
Sedangkan biji kopi yang tidak dipanggang dengan suhu tinggi masih menyimpan Asam Klorogenat di tiap biji kopinya. Kandungan Asam Klorogenat kopi hijau 3X lebih banyak dan lebih tinggi dibandingkan dengan kopi hitam. Dengan mengkonsumsi kopi hijau yang mengandung Asam Klorogenat dapat memblok gula masuk kedalam aliran darah dan langsung dibuang ke pembuangan.

1. Kaya Anti-Oksidan
Kopi hijau sangat kaya akan antioksidan seperti polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol yang berguna untuk mengurangi efek kerusakan sel akibat dari radikal bebas dalam tubuh kita.

2. Meningkatkan Metabolisme
Kandungan Asam Klorogenik yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dalam tubuh sehingga mampu meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Kandungan ini juga mampu meningkatkan kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh.

3. Membantu Membakar lemak Ekstra
Kandungan nutrisi dan mineral dalam kopi hijau mampu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh kita. Hal ini juga membuat tubuh dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat.

4. Menekan Rasa Lapar
Kopi dikenal sebagai penekan nafsu makan yang sangat efektif, sehingga Anda bisa mengontrol keinginan makan berlebihan.

5. Mengatasi Diabetes
Banyak penelitian mengatakan bahwa kopi hijau tidak hanya dapat memblok gula dapat pula membantu penyembuhan diabetes tipe 2. Ekstrak biji kopi disebut mampu menurunkan kadar gula yang tinggi dalam aliran darah kita.

6. Mencegah dan Mengurangi Kolesterol
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kopi hijau dapat mencegah dan mengurangi kolesterol. Anti oksidan Asam Klorogenat memiliki fungsi meningkatkan sirkulasi darah dan otot. ​

7. Memperlambat Penuaan
Kandungan Gamma-aminobutyric Acid (GABA), Teofilin, epigallocatechin gallate, dll dikenal mampu kesehatan kulit, memperlambat penuaan dan mencegah keriput.

Komentar